[wpseo_breadcrumb]

YouTube Stories Akan Dihentikan Penggunaannya Pada Tanggal 26 Juni 2023

admin May 26, 2023

Jakarta YouTube akan mematikan fitur YouTube Stories di platform berbagi videonya mulai 26 Juni 2023, seperti dikutip laman dukungan Google.

“Mulai 26 Juni 2023, opsi untuk membuat story baru di YouTube tidak akan tersedia lagi. Stories yang sudah tayang pada tanggal tersebut akan habis masa berlakunya 7 hari setelah pertama kali dibagikan,” tulis YouTube.

Dikutip dari The Verge, Jumat (26 Mei 2023), Stories pertama kali diperkenalkan pada 2017 dengan nama Reels, dan fitur tersebut tersedia untuk pengguna dengan lebih dari 10.000 pelanggan.

Cara kerjanya mirip dengan cerita di Instagram dan Snapchat, di mana konten yang dibagikan menghilang setelah jangka waktu tertentu.

Pembuat konten YouTube biasanya menggunakan Cerita untuk memposting pembaruan atau konten di balik layar untuk mempromosikan saluran mereka.

Sama seperti di Instagram, penonton atau subscriber akan melihat foto profil kreator yang mengunggah story dan akan dilingkari merah.

Namun, tampaknya hanya segelintir kreator yang menggunakan fitur YouTube ini secara rutin. Selain itu, platform ini tidak banyak mempromosikan cerita.

Jika Anda tidak memiliki cerita, YouTube mendorong kreator untuk lebih memanfaatkan postingan komunitas dan fitur Shorts.

Baru-baru ini, platform milik Google memperluas akses ke fitur teks postingan komunitas dan menambahkan kemampuan untuk membuat postingan yang dihapus setelah jangka waktu tertentu.

Postingan komunitas juga memungkinkan kreator mengubah jajak pendapat, kuis, foto, dan video menjadi postingan komunitas, yang akan muncul di tab saluran.

Sementara itu, YouTube mencoba mempopulerkan konten video pendek Shorts, pesaing TikTok, dan mendorong pembuat video berdurasi panjang untuk membuat konten pendek juga.

Sebelumnya pada tahun 2023, YouTube mengumumkan bahwa pembuat konten dapat memperoleh pendapatan iklan dari film pendek mulai 1 Februari.

Sebelumnya, YouTube bereksperimen dengan pemblokiran iklan dengan Ad Blocker. Pengguna yang memiliki ekstensi seperti AdBlock di browser mereka akan menerima peringatan pop-up.

Sebelumnya, seorang pengguna Reddit dengan nama pengguna Sazk100 dilaporkan menerima notifikasi pop-up.

Notifikasi ini meminta pengguna untuk menonaktifkan pemblokir iklan di browser mereka atau mendaftar ke YouTube Premium untuk terus menonton video YouTube.

Namun, Anda dapat menutup popup dengan mengklik tab di pojok kanan atas.

Sekitar 27% pengguna internet menggunakan semacam pemblokir iklan untuk mengelabui iklan yang ditampilkan di berbagai platform tanpa membayar layanan tersebut. Angka ini menunjukkan bahwa sebagian besar pendapatan iklan YouTube telah hilang.

Kabarnya, staf YouTube telah mengonfirmasi bahwa peringatan tersebut bersifat eksperimental.

Seorang juru bicara Google, mengutip Extreme Tech pada Kamis (18 Mei 2023), mengatakan, “Kami sedang melakukan eksperimen kecil secara global untuk memungkinkan pengguna yang menggunakan pemblokir iklan untuk mengizinkan iklan di YouTube atau mencoba YouTube Premium,” katanya.

“Penemuan pemblokir bukanlah hal baru, dan penerbit lain secara teratur meminta pemirsa mereka untuk menonaktifkannya,” tambahnya.

Belum diketahui apakah pembatasan ini akan segera diterapkan di YouTube. Namun, langkah ini tidak mengejutkan karena iklan adalah salah satu sumber pendapatan terbesar perusahaan.

Atau, jika Anda tidak ingin melihat iklan yang mengganggu aktivitas menonton Anda, notifikasi akan memberi Anda opsi untuk mendaftar ke layanan YouTube Premium.

Layanan ini menawarkan pengalaman menonton video YouTube dan streaming YouTube Music tanpa iklan web atau aplikasi, dan memungkinkan konten diputar di latar belakang.

Sebagai referensi, pelanggan YouTube Premium di Indonesia mengenakan biaya Rp 59.000 per bulan. Sementara itu, ada juga opsi berlangganan yang lebih murah yakni Rp34.990 per bulan melalui paket pelajar.

Untuk paket keluarga, pelanggan harus membayar Rp 99.000 per bulan. Paket ini memungkinkan akses hingga 5 anggota keluarga.

(duo/esc)

Artikel Terkait